Putusan Banding Akhirnya Melarang Nasrani Gunakan Kata “Allah” di Malaysia | Ilmu Islam

Jumat, 23 Agustus 2013

Putusan Banding Akhirnya Melarang Nasrani Gunakan Kata “Allah” di Malaysia


anakmuslimtaat - Pemerintah Malaysia memenangkan hasil pengadilan banding pada hari Kamis, 22 Agustus tentang hak untuk melarang non Muslim untuk menggunakan kata “Allah” untuk menyebut para Tuhannya.
“Ini menjadi isu yang hangat,” Pengadilan Tinggi Kehakiman Datuk Seri Abu Samah Nordin mengatakan dalam keputusannya hari ini, The Malay Mail melaporkan.
“Kontroversi ini belum diselesaikan,” ia menambahkan situasi sidang yang penuh sesak, dan memutuskan bahwa  banding itu “tidak akademis”.
Penggunaan kata “Allah” untuk non Muslim menjadi ajang debat kembali di Malaysia.
Tahun 2008 ketika Departemen Dalam Negeri mengancam akan mencabut izin  Katolik Herald, karena penggunaan kata Allah,  mendorong pihak Gereja untuk menuntut pemerintah dalam pengadilan karena  melanggar hak-hak asasi konstitusionalnya.
Tahun 2009 Putusan Pengadilan Tinggi memenangkan  hak konstitusional Gereja Katolik untuk menggunakan kata “Allah” , keputusan itu  mengejutkan umat Islam , karena kata Allah menurut Muslim Malaysia  hanya mengacu kepada Sembahan-nya Muslim.
Perwakilan Katolik Roma mengatakan pelarangan  pemerintah Malaysia tentang penggunaan “Allah” kepada kaum Nasrani tidaklah masuk akal karena orang Kristen yang berbahasa Melayu sudah lama juga menggunakan kata Allah untuk menyebut nama tuhannya.
Pemerintah Malaysia melakukan banding atas  keputusan Pengadilan Tinggi untuk memungkinkan mingguan Katolik Herald untuk menggunakan kata “Allah” yang telah diizinkan untuk melanjutkan pengucapannya.
Putusan pengadilan yang kembali melarang Nasrani mengucapkan Allah mendapat pujian kelompok Muslim, menganggapnya sebagai salah satu yang penting bagi umat Islam di Malaysia.
“Allah hanya untuk umat Islam. Ini adalah hak kami, “kata  Sekretaris Jenderal Perkasa, Syed Hassan Syed Ali kepada Star Online.
Sebaliknya, Kristen Malaysia menyatakan kekecewaannya atas keputusan pengadilan.
“Saya akan menggunakan kata kecewa, kecewa pada keputusan karena kita berdoa bersama Bible, kami mengutip Alkitab dengan kata Allah, sekarang dengan dalam aplikasi kita, mereka tidak mengizinkan kami,” Pastor Lawrence Andrew, mengatakan kepada  wartawan, Kamis, Malaysia Chronicle melaporkan.
“Jadi, tentu saja kami kecewa. Kami ingin melanjutkan dan memelihara Kristen Herald dan hak Konstitusi memungkinkan kita untuk memelihara iman kita. ”
“Ini bukan akhir dari jalan bagi kita. Kita hidup untuk bertempur di lain waktu, “tambahnya.
Malaysia memiliki populasi hampir 26 juta, dengan orang Melayu, sebagian besar umat Islam, membentuk hampir 60 persen.
Kristen, termasuk penduduk Katolik mencapai 800.000 orang , membentuk sekitar 9,1 persen dari total populasi Malaysia.(OI.Net/Dz)

Putusan Banding Akhirnya Melarang Nasrani Gunakan Kata “Allah” di Malaysia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top