Meteor Ini Kelilingi Bumi dalam Waktu 4 Jam | Ilmu Islam

Sabtu, 17 Agustus 2013

Meteor Ini Kelilingi Bumi dalam Waktu 4 Jam



anakmuslimtaatMoskwa – Dengan kecepatan yang luar bisa, sabuk debu ini dapat mengelilingi bumi hanya dalam waktu 4 jam saja. Sabuk debu ini merupakan meteor yang meledak di Rusia pada bulan Februari silam. Ledakannya menimbulkan sabuk debu tipis di laposan stratosfir.

Kecepatan yang luar biasa ini terdeteksi oleh satelit NASA. Para ahli dikejutkan dengan pengukuran yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka mengklaim, energi yang bisa dihasilkan dari kecepatan ini berukuran 30 kali lebih besar dibandingkan dengan bom atom yang menghancuran kota Hiroshima.

“Semula, pengamatan ini hanya ingin menguji apakah satelit kami bisa mendeteksi debu meteor,” kata fisikawan atmosfer, Nick Gorkavyi dari NASA Goddard Space Flight Center, dikutip dalam Daily Mail, Kamis, 15 Agustus 2013.

Debu super cepat ini berasal dari bola meteor berdiameter 18 meter dan berbobot 11.000 metrik ton. Dengan kecepatan hingga 66 ribu kilometer per jam, meteor ini menghantam bumi tepat di atas kota Chelyabinsk, Rusia dan meledak di ketinggian 23,3 km dari bumi.

Sehari setelah ledakan, satelit mendeteksi debu-debu hasil ledakan terus bergerak ke arah timur membentuk aliran yang terus membesar, meninggi, dan semakin cepat hingga bisa mengelilingi bumi hanya dengan waktu 4 jam.


Meteor Ini Kelilingi Bumi dalam Waktu 4 Jam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top