Matahari bersinar di Andalusia | Ilmu Islam

Jumat, 16 Agustus 2013

Matahari bersinar di Andalusia

1. Abu qasim az-zahrawi ( 936 - 1013 M )
Dunia barat menyebutnya abulcasis, lahir di az-zahra, cordova utara, andalusia. Ulama multitalenta, ahli bedah dan penulis buku at-tasrif merupakan masterpiece dan rujukan dibidang kedokteran.
2. Ibnu Tufail ( 1105 - 1185 M )
Lahir di guardix, granada andalusia, barat menyebutnya abubacer aben tofail. Ulama, ahli filsafat hukum, politikus dan ahli medis. Salah satu karya filsafatnya dalam bentuk novel adalah hayy ibn yaqdhan ( si hidup anak kesadaran / alive, son of awake ), philosophus autodidactus.
3. Ibnu Rusyd ( 1126 - 1198 M )
Lahir di cordova, barat menyebutnya averroes, ia sosok ulama cendikiawan multitalenta. Dia ahli hukum, matematika, filsafat, pengobatan, astronomi. Karyanya tahafut at tahafut, bidayah al-mujtahid, fashl al-maqal.
4. Ibnul 'arabi ( 1165 - 1240 M )
Lahir di murcia, andalusia timur.ulama intelektual, di Usia 10 tahun dia sudah hafal qur'an. Karyanya diantaranya tafsir al-kabir.
5. Ibnu bajjah ( 1082 - 1138 M )
Lahir di saragosa, andalusia. Dia seorang ulama, cendiakiawan andalusia yang multitalenta, sainistik, filsuf, astronom, musisi, psikolog, bahkan satrawan yang puisinya menggetarkan pembacanya. Awal masa remajanya sudah hafizh qur'an. Karya - karyanya " risalah al-wida"," an-nafs", dll.
Semoga kecemerlangan prestasi para jawara ilmu pengetahuan muslim ini mampu mengisnspirasi dan motivasi umat islam saat ini untuk terus menimba ilmu agar mampu bersinar menerangi setiap sendi kehidupan.
( Begawan ainun )

Matahari bersinar di Andalusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top