Kenapa Kita Tidak Menerapkan Ilmu yang Kita Dapatkan? | Ilmu Islam

Sabtu, 14 Februari 2015

Kenapa Kita Tidak Menerapkan Ilmu yang Kita Dapatkan?


Di zaman sekarang, ilmu pengetahuan begitu mudah kita dapatkan. Ada banyak seminar, kajian Islam, ceramah, dan video YouTube yang membahas tentang Islam. Dan rata-rata umat Muslim sekarang bisa mengakses begitu banyak pengetahuan. Meski begitu ada satu hal yang hilang dari kita, yaitu kita tidak menerapkan pengetahuan itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Subhanallah, saya merasa kita haus akan pengetahuan, kita selalu termotivasi belajar lebih banyak tapi kita tidak banyak mempraktekkan pengetahuan yang telah kita dapatkan.

Seringkali saya mendengar seseorang menghadiri ceramah dan berkata “Ceramahnya bagus tapi hampir semua yang dibicarakan sudah pernah kudengar sebelumnya. Aku tidak belajar sesuatu yang baru. ” Dan saya berpikir dalam hati “Seberapa banyak dari pengetahuan itu yang benar-benar kita praktekkan?”

Tahukah anda bahwa sebagian besar Sahabat r.a tidak hafal Al-Qur’an. Di zaman sekarang, kita punya keinginan mendalam untuk menjadi seorang hafiz Qur’an, tapi kita tidak benar-benar menerapkan Al-Qur’an dalam hidup kita.

Bahkan Umar r.a pernah berkata, “Butuh waktu 12 tahun bagiku untuk menghafal surat Al-Baqarah.” Bayangkanlah, sekarang rata-rata hafiz Qur’an bisa menghafal surat Al-Baqarah hanya dalam beberapa bulan, sedangkan Umar r.a butuh 12 tahun untuk menghafal surat al-Baqarah. Mengapa demikian? Dia berkata “Karena aku tidak melewatkan satu ayat pun kecuali aku akan menerapkannya dalam hidupku.”

Jadi sangat disayangkan kita hanya menghafal Al-Qur’an, menghadiri ceramah-ceramah, namun keimanan dan ketaqwaan kita tidak bertambah. Semoga artikel ini bermanfaat, insya Allah.

YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/ArceusZeldfer
Facebook Page Lampu Islam: facebook.com/anakmuslimtaat

Kenapa Kita Tidak Menerapkan Ilmu yang Kita Dapatkan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top