Bolehkah Memakan Sembelihan Rafidhah? | Ilmu Islam

Rabu, 21 Mei 2014

Bolehkah Memakan Sembelihan Rafidhah?



Apakah Sembelihan Rafidhah Boleh Dimakan?

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Apakah boleh memakan sembelihan Rafidhah?
Penanya
Abu Abdillah At-Takawi

Lajnah Syar’iyyah Minbar At-Tauhid wal Jihad
Wa’alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh
Tidak boleh memakan sembelihan Rafidhah. Imam Bukhori rahimahullah Ta’ala berkata tentang sekte Jahimiyyah dan Rafidhah:”Mereka tidak diberi salam, tidak boleh dinikahkan (laki-lakinya dengan wanita Ahlussunnah.red) dan tidak sembelihan mereka tidak boleh dimakan”. [Kitab Khalqu Af’alil ‘Ibad:125].
Syaikh kami Abdullah bin Jibrin ghafarallahu lahu berkata:”Tidak halal sembelihan Rafidhah dan sembelihan mereka tidak boleh dimakan”. Syaikh kami Nashir Al-Fahad fakkallahu asrah berkata:”Adapun syiah, maka tidak boleh dimakan sembelihannya”.
Dan pengharaman ini kembali pada dua kaidah:
  1.        Pendapat-pendapat ulama kita dalama masalah Rafidhah berkisar antara pengkafiran kelompok atau individu (Takfir Ar-Rafidhah Kufra Thaifah Aw Ta’yinan). Dan dalam ketetapan syar’i, disyari’atkan penyembelih itu seorang muslim atau ahlul kitab. Allah Ta’ala berfirman:”Pada hari ini dihalalkan bagi kalian yang baik-baik. Dan makanan orang-orang ahlul kitab halal bagi kalian dan makanan kalian halal bagi mereka”[QS Al-Maidah:5].

    Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:”Janganlah kalian memakan sembelihan kecuali yang disembelih muslimin dan ahlul kitab” [Tafsir Ibnu Katsir 2/91].
  2.        Sesungguhnya mayoritas Rafidhah pada hari ini tidak menyebut nama Allah saat menyembelih. Bahkan mereka menyebut nama imam-imam mereka seperti ‘Ali, Al-Huseun dan lain-lain. Allah Ta’ala berfirman, “Dan janganlah kalian memakan (sembelihan.red) yang tidak disebutkan nama Allah atasnya. Sungguh itu adalah perbuatan kefasikan” [Al-An’am:121].
    Imam Al-Qurthubi berkata : Berkata Thaifah : Jika kalian mendengar seorang ahlul kitab tidak menyebut nama Allah saat menyembelih, maka janganlah makan sembelihannya. Dan yang berpegang pada pendapat ini dari sahabat adalah Ali, ‘Aisyah dan Ibnu ‘Umar. Dan ini pendapat Thawus dan Al-Hasan. Wallahu A’lam
Dijawab oleh Anggota Lajnah Syar’iyyah
Syaikh Abu Humam Bakr bin Abdul ‘Aziz
Alih Bahasa : Abu Asybal Usamah
- See more at: http://www.voa-islam.com/read/aqidah/2014/04/16/29883/bolehkah-memakan-sembelihan-rafidhah/#sthash.AXPWD6vj.dpuf

Sumber : VOAislam

Bolehkah Memakan Sembelihan Rafidhah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top