Jarh wa Ta’diil Asy-Syaikh Rabii’ bin Haadiy Al-Madkhaliy hafidhahullah | Ilmu Islam

Minggu, 15 Juni 2014

Jarh wa Ta’diil Asy-Syaikh Rabii’ bin Haadiy Al-Madkhaliy hafidhahullah

Asy-Syaikh Muqbil bin Haadiy Al-Wadii’iy rahimahullah pernah ditanya:
 هل توافق الشيخ ربيعا في كتاباته النقدية في الجرح والتعديل وفي المنهج الذي يسير عليه أم تخالفونه؟ وهل تعرفون أن الشيخ ابن باز وابن عثيمين والألباني يوافقونه؟
“Apakah Anda menyepakati Asy-Syaikh Rabii’ dalam tulisan-tulisannya yang berkaitan kritikan seputar al-jarh wat-ta’diil dan manhaj, yang ia jalani, ataukah Anda menyelisihinya ?. Dan apakah Anda mengetahui bahwasannya Asy-Syaikh Ibnu Baaz, Ibnu ‘Utsaimiin, dan Al-Albaaniy sepakat dengannya?”.
Beliau rahimahullah menjawab:
 أهل السنة منبعهم واحد الذي يستقون منه وهو كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وعلى أله وسلم، فعقيدتهم واحدة، واتجاههم واحد، في جميع البلاد الإسلامية، نعم، نحن متفقون على جرح أصحاب البدع والحزبيين، متفقون على هذا، بقي في أناس هم عند شخص من المجروحين وعند آخر ليسوا من المجروحين، هذا حدث على عهد السلف، فرب راو يقول فيه أحمد بن حنبل: ثقة، و يقول فيه يحيى بن معين: كذاب، أو العكس، وهكذا البخاري وأبو زرعة وأبو حاتم.
والمهم لا يقلد بعضهم بعضا، فإذا اختلفنا في توثيق شخص وتجريحه فليس معنى هذا أننا مختلفون في العقيدة، وليس معنى هذا أننا مختلفون في الاتجاه
“Ahlus-Sunnah, sumber yang mereka ambil adalah satu, yaitu Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya shallallaahu ‘alaihi wa ‘alaa aalihi wa sallam. ‘Aqidah mereka satu dan arah tujuan mereka satu, di semua negeri Islam. Na’am. Kami bersepakat dalam jarh terhadap pelaku kebid’ahan dan hizbiyyiin. Kami bersepakat dalam hal ini. Akan tetapi dalam penghukuman beberapa orang (bisa jadi tidak bersepakat), dimana mereka menurut orang tertentu termasuk kalangan orang-orang yang di-jarh (majruuhiin), sedangkan menurut yang lain bukan termasuk kalangan orang-orang yang di-jarh. Hal ini sudah terjadi di masa salaf. Kadang ada seorang perawi yang dikatakan oleh Ahmad : ‘tsiqah’, namun Yahyaa bin Ma’iin berkata tentangnya : ‘pendusta’. Atau sebaliknya. Begitu juga dengan Al-Bukhaariy, Abu Zur’ah, dan Abu Haatim.
Yang penting adalah sebagian mereka tidak bertaqlid kepada sebagian yang lain. Apabila kami berselisih pendapat dalam tautsiiq dan tajriih individu tertentu, maka itu tidak berarti kami berselisih dalam ‘aqidah dan arah tujuan.
وأما هل الشيخ ابن باز والشيخ الألباني يوافقونه أم يخالفونه؟ فالمسألة أنني ما قرأت كثيرا من كتب الشيخ ربيع هذا أمر، أمر آخر أيضا كما قلنا: إن أهل السنة لا يقلد بعضهم بعضا، ....( ) وعلى كل كلنا نصيب ونخطئ ونجهل ونعلم والله المستعان
“Adapun pertanyaan : apakah Asy-Syaikh Ibnu Baaz dan Asy-Syaikh Al-Albaaniy menyepakatinya (Asy-Syaikh Rabii’), maka dalam permasalahan ini aku belum membaca banyak buku-buku Asy-Syaikh Rabii’. Ini satu perkara. Adapun perkara yang lain sebagaimana yang telah kami katakan : Sesungguhnya Ahlus-Sunnah, sebagian mereka tidak bertaqlid kepada sebagian yang lain……(..). Dan setiap orang diantara kita bisa benar dan bisa juga salah, bisa mengetahui dan bisa juga tidak mengetahui. Wallaahul-musta’aan” [sebagaimana dalam kaset الدرر في أجوبة عبس وشفر].
Saya (anakmuslimtaat’) berkata:
Mari kita perhatikan manhaj umum yang dipakai oleh Asy-Syaikh Muqbiil rahimahullah. Beliau rahimahullah tidak mengatakan bahwa beliau harus senantiasa menyepakati al-jarh wat-ta’diil dari Asy-Syaikh Rabii’. Hal itu dikarenakan prinsip Ahlus-Sunnah adalah tidak wajib taqlid kepada individu tertentu. Setiap orang bisa benar, bisa juga keliru. Perkataan yang benar diambil dan yang salah ditinggalkan.
Akan tetapi sebagian pengikut Asy-Syaikh Rabii’ hafidhahullah menjadi ghulluw dalam hal ini. Mereka menjadikan beliau hafidhahullah patokan dan ujian dalam‘manhaj’/al-jarh wat-ta’diil. Menjadikan beliau rujukan utama dengan meninggalkan yang lain. Bahkan ada sebagian murid beliau mencela Asy-Syaikh Ibnul-‘Utsaimiin rahimahullah yang dianggap tidak patut dijadikan rujukan dalam masalah ‘manhaj’ (!). Subhaanallah….
Akan tetapi Alhamdulillah, akhirnya sang murid[1]pun menyadari kesalahannya dan kemudian rujuk. Setidaknya, fenomena ini menggambarkan pada kita adanya kenyataan orang-orang yang ghulluw pada ijtihad Asy-Syaikh Rabii’ Al-Madkhaliy hafidhahullah. Bukan sekedar ilusi dan fitnah semata.
Wallaahul-musta’aan.
[anakmuslimtaat’ – perumahan ciomas permai, ciapus, ciomas, bogor – 16081435/15062014 – 11:55].




[1]      Ia memang sangat fanatik dengan Asy-Syaikh Rabii’ hafidhahullah, hingga mengatakan jika ada yang mengkritik beliau (Asy-Syaikh Rabii’), itu artinya memerangi Salafiyyah/Sunnah. Perkataannya dapat didengarkan di sini:

Jarh wa Ta’diil Asy-Syaikh Rabii’ bin Haadiy Al-Madkhaliy hafidhahullah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top