Nasihat untuk Muslimah yang Sedang Mengalami Krisis Kepercayaan Diri | Ilmu Islam

Selasa, 17 Maret 2015

Nasihat untuk Muslimah yang Sedang Mengalami Krisis Kepercayaan Diri




Kita harus menjadi diri sendiri. Merasa nyamanlah dengan diri kita apa adanya. Kita tidak perlu berpura-pura dan mencoba meniru orang lain. Dan terlebih lagi nasihat ini ditujukan untuk para Muslimah yang masih remaja. Salah satu krisis yang terjadi di seluruh dunia adalah krisis rasa kepercayaan diri sebagai wanita Muslim.

Ada non-Muslim yang bisa berpakaian semau mereka, sedangkan cara berpakaian seorang Muslimah dibatasi. Dan sebagian Muslimah jadi berpikir “Aku harus terlihat jelek sementara mereka terlihat begitu cantik. Kenapa aku harus memakai hijab?” atau “Kenapa aku begitu pendek, kenapa aku begitu gemuk, kenapa aku begitu kurus, kenapa mataku terlalu lebar, kenapa hidungku terlalu besar, kenapa gigiku tidak rata”, dan alasan-alasan lainnya. Anda begitu tidak menyukai diri sendiri dan anda memperhatikan wajah anda selama setengah jam di depan cermin.


Anda harus merasakan kenyamanan dengan diri sendiri. Anda harus nyaman dengan diri anda apa adanya. Dan jangan mengharapkan apa yang dimiliki orang lain. Kita semua adalah makhluk ciptaan Allah dan kita sudah indah dengan karakteristik kita masing-masing. Jangan berpikir “Aku berharap setinggi dia, aku harap aku sekaya dia, kuharap aku punya baju itu, kuharap aku terlihat seperti itu.” Jangan begitu! Sebenarnya Allah telah membuat setiap dari kita mengagumkan dan itu cukup bagi kita.

Dan bagi para pembaca yang sudah mempunyai anak, merupakan tanggung jawab kalian, terlebih lagi kepada putri-putri kalian, untuk memberi mereka pujian. Tidak ada salahnya memuji mereka. Katakanlah “Anda terlihat cantik putriku.” Kalian harus memuji bahwa mereka cantik. Karena jika mereka tidak mendengar hal itu dari orangtua sendiri, maka putri anda akan mencari pengakuan itu dari orang lain.

Para Muslimah memiliki kepercayaan diri yang rendah karena tidak ada orang yang memuji mereka. Tidak ada yang memuji mereka, terlebih lagi ayah mereka sendiri. Yang utama adalah para ayah, bukan para ibu. Karena biasanya ibu senantiasa memuji dan mencintai putrinya. Untuk para ayah, anda harus memuji putri anda, dan berhentilah bersikap seakan-akan apapun yang mereka lakukan tidak menyenangkan anda. Berhentilah merendahkan mereka, karena hal itu membunuh kepercayaan diri mereka.

Dalam Islam kita selalu membicarakan tentang hak orangtua. Memang orangtua punya hak, tapi juga punya tanggung jawab. Inilah mengapa putri-putri kita akan berakhir dalam hubungan yang buruk jika kita tidak melakukan itu. Saya berdo’a semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, insya Allahu ta’ala.

YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/ArceusZeldfer
Facebook Page Lampu Islam: facebook.com/anakmuslimtaat

Nasihat untuk Muslimah yang Sedang Mengalami Krisis Kepercayaan Diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top