Istighfar Adalah Penyebab Terkabulnya Do’a | Ilmu Islam

Jumat, 13 Maret 2015

Istighfar Adalah Penyebab Terkabulnya Do’a

Untuk melihat videonya, bisa dengan mengklik link berikut: Manfaat Beristighfar

Apakah anda tahu manfaat dari istighfar? Manfaatnya tertulis dalam sebuah kitab yang kebenarannya hakiki. Kitab itu adalah Al-Qur’an milik Sang Pencipta langit dan bumi. Ketika seseorang beristighfar, Allah merahmatinya dengan kebaikan-kebaikan.

Diriwayatkan dalam tafsir Qurtubi bahwa pada suatu ketika Hasan al Bisri r.a sedang duduk-duduk bersama Ibn Sabih (muridnya). Kemudian seseorang datang dan berkata “Wahai tuan, aku sering sekali berdosa, beritahukanlah padaku sebuah amalan untuk menghapuskan dosa-dosaku.” Hasan menjawab “Lakukanlah istighfar.”

Kemudian datang seseorang kepadanya dan berkata “Tuan, sudah berhari-hari hujan berhenti. Katakan padaku sebuah amalan agar Allah menurunkan hujan.” Hasan menjawab “Lakukanlah istighfar.”

Orang lainnya datang dan berkata “Aku terlilit hutang meskipun aku bekerja. Tolong do’akan agar Allah memberiku harta sehingga aku bisa melunasi hutang-hutangku.” Hasan menjawab “Lakukanlah istighfar.”

Orang lain menghampirinya dan berkata “Harapanku adalah agar Allah memberiku anak. Kumohon berdo’alah agar Allah memberiku anak-anak yang shaleh.” Dia menjawab “Lakukanlah istighfar.”

Lalu yang lain datang dan berkata “Aku punya sebuah kebun buah. Do’akan aku agar buahnya banyak sehingga keuntunganku dari hasil berdagang buah-buahan lebih banyak.” Dia berucap “Lakukanlah istighfar.”

Seseorang datang dan berkata “Jika aku mendapatkan sumber air di rumahku, aku akan sangat senang.” Dia berujar “Lakukanlah istighfar.”

Muridnya (Ibn Sabih), yang duduk di dekatnya, terheran-heran sambil berpikir “Kenapa guruku memberikan jawaban yang sama, menyuruh beristighfar kepada siapapun yang datang padanya?” Karena rasa penasarannya, muridnya pun bertanya “Kenapa anda memberikan jawaban yang sama atas semua permasalahan yang dimiliki orang-orang?”

Hasan al Bisri menjawab pertanyaan itu dengan membacakan sebuah ayat yang Allah firmankan dalam kitab-Nya:

Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan pada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun. Dan Dia akan memerintahkan langit untuk menurunkan hujan yang berlimpah kepadamu. Dan akan menolongmu dengan kekayaan dan anak-anak laki-laki, dan akan memerintahkan taman-taman agar tumbuh untukmu, dan membuat sungai-sungai mengalir untukmu.(Qs. Nuh [71]:10-12)

Dalam ayat yang indah ini ada begitu banyak manfaat dari istighfar. Inilah solusi bagi banyak orang yang sedang dalam tekanan. Para wanita bersedih karena anak-anaknya tidak shaleh. Para pria tertekan karena tidak punya anak. Orang lain terbebani karena punya banyak hutang. Yang lain bermuram durja karena terlalu banyak dosa. Sebagian orang mau lebih banyak berkah dalam bisnis mereka.

Jika kita mulai melakukan istighfar secara konsisten, semua permasalahan kita akan selesai melaluinya, insya Allah. Kita tidak perlu pergi minta bantuan pada dukun atau memakai jimat. Justru hal itu adalah dosa terbesar karena kita menyekutukan Allah. Solusi atas segala permasalahan kita sudah diberikan oleh Allah melalui ayat Al-Qur’an di atas. Ini adalah firman Allah dan Maha benar segala firman Allah! Rasakanlah manfaat yang akan anda dapatkan karena beristighfar secara konsisten.

YouTube Channel Lampu Islam: youtube.com/ArceusZeldfer
Facebook Page Lampu Islam: facebook.com/anakmuslimtaat

Istighfar Adalah Penyebab Terkabulnya Do’a Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top