Komnas Perempuan Dukung Ajang Miss World 2013 | Ilmu Islam

Sabtu, 07 September 2013

Komnas Perempuan Dukung Ajang Miss World 2013



Jakarta:Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mendukung terselenggaranya ajang Miss World 2013 di Bali,Indonesia.


"Cantik itu tidak dosa. Mereka yang cantik secara fisik, tidak bersalah atas kecantikan mereka. Ajang kecantikan seperti Miss World adalah salah satu ruang bagi perempuan untuk bisa bersuara. Suara ini penting bagi negeri seperti Indonesia," tutur Komisioner Komnas Perempuan, Andy Yentriyani, Kamis, 5 September 2013 di Jakarta.

Andy juga mengungkapkan bahwa event Miss World adalah salah satu wadah bagi perempuan yang ingin menampilkan artikulasinya. Melalui perhelatan tersebut, para perempuan yang berasal dari berbagai negara dapat bersuara untuk memperjuangkan perubahan sosial di masyarakat.

Sebelumnya, menurut seorang panitia Miss World 2013, Budi Rustanto, penilaian terbesar untuk para kontestan adalah aktivitas sosial mereka selama di negaranya masing-masing.

“Penilaian untuk aktivitas sosial mencapai 50 persen,” ungkap Budi Rustanto saat ditemui di Warung Daun,Cikini, Jakarta, Rabu 4 September 2013.

Andy juga menambahkan bahwa dalam wadah Miss World ini, para peserta dapat memberikan tanggapan dan juga jalan keluar serta berbagi pendapat mengenai masalah kekerasan terhadap perempuan, kemiskinan, pendidikan, hingga masalah-masalah bangsa seperti korupsi. “Suara ini penting untuk perubahan,” ungkap Andy.

Menurutnya sudah seharusnya perempuan yang mengikuti ajang tersebut bisa menjadi juru kampanye dari aktivitas perubahan. Komnas Perempuan akan mengawal ketat ajang kecantikan ini. "Tidak boleh ada kelompok yang menggunakan kekerasan, memaksakan kehendaknya atas nama moralitas lalu menghentikan ajang ini begitu saja," ujar Andy.


Komnas Perempuan Dukung Ajang Miss World 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top