‘Aliy bin Abi Thaalib dan ‘Abdullah bin Saba’ | Ilmu Islam

Senin, 23 Juli 2012

‘Aliy bin Abi Thaalib dan ‘Abdullah bin Saba’


Ibnu Abi Khaitsamah rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا عَمْرِو بْنِ مَرْزُوقٍ، قَالَ: أنا شُعْبَةُ، عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ وَهْبٍ، قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ: مَا لِي وَلِهَذَا الْحَمِيتِ الأَسْوَدِ، يَعْنِي: عَبْدَ اللَّهِ بْنَ سَبَإٍ، وَكَانَ يَقَعُ فِي أَبِي بَكْرٍ، وَعُمَرَ.
Telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Marzuuq, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Syu’bah, dari Salamah bin Kuhail, dari Zaid bin Wahb, ia berkata : Telah berkata ‘Aliy (bin Abi Thaalib) : “Apa urusanku dengan orang hitam jelek ini – yaitu ‘Abdullah bin Saba’ - . Dia biasa mencela Abu Bakar dan ’Umar” [At-Taariikh no. 4358].
Sanad riwayat ini shahih.
Berikut keterangan para perawinya :
a.     ’Amru bin Marzuuq Al-Baahiliy, Abu ’Utsmaan Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, faadlil, namun mempunyai beberapa keraguan. Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya. Wafat tahun 244 H [At-Taqriib, hal. 745 no. 5145].
b.     Syu’bah bin Al-Hajjaaj bin Al-Ward Al-’Atakiy; seorang tsiqahhaafidh, lagi mutqin. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Wafat tahun 160 H [idem, hal. 436 no. 2805].
c.      Salamah bin Kuhail bin Hushain Al-Hadlramiy, Abu Yahyaa Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 402 no. 2521].
d.     Zaid bin Wahb Al-Juhaniy, Abu Sulaimaan Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi jaliil. Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Wafat setelah tahun 80 H, dikatakan juga tahun 96 H [idem, hal. 356 no. 2172].
Ada riwayat lain yang semisal :
أخبرنا أبو القاسم يحي بن بطريق بن بشرى وأبو محمد عبد الكريم ابن حمزة قالا : أنا أبو الحسين بن مكي ، أنا أبو القاسم المؤمل بن أحمد بن محمد الشيباني ، نا يحيى بن محمد بن صاعد، نا بندار ، نا محمد بن جعفر ، نا شعبة ، عن سلمة ، عن زيد بن وهب عن علي قال : مالي وما لهذا الحميت الأسود ؟ قال: ونا يحي بن محمد ، نا بندار ، نا محمد بن جعفر ، نا شعبة عن سلمة قال: سمعت أبا الزعراء يحدث عن علي عليه السلام قال: مالي وما لهذا الحميت الأسود
Telah mengabarkan kepada kami Abu Qaasim Yahya bin Bitriiq bim Bisyraa dan Abu Muhammad Abdul Kariim bin Hamzah keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Abu Husain bin Makkiy yang berkata telah menceritakan kepada kami Abu Qaasim Mu’ammal bin Ahmad bin Muhammad Asy Syaibaniy yang berkata telah menceritakan kepada kami Yahya bin Muhammad bin Shaa’idi yang berkata telah menceritakan kepada kami Bundaar yang berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far yang berkata telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Salamah dari Zaid bin Wahb dari Aliy yang berkata “apa urusanku dengan orang jelek hitam ini?”. [Mu’ammal] berkata telah menceritakan kepada kami Yahya bin Muhammad yang berkata telah menceritakan kepada kami Bundaar yang berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far yang berkata telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Salamah yang berkata aku mendengar Abu Az Za’raa menceritakan hadis dari Ali [‘alaihis salaam] yang berkata “apa urusanku dengan orang jelek yang hitam ini?” [Tarikh Ibnu Asakir 29/7].
Riwayat ini juga shahih.
Ada yang mengatakan bahwa penyebutan lafadh ‘Abdullah bin Saba’ itu ma’lul, karena :
Ghundaar perawi yang lebih tsabit darinya tidak menyebutkan lafaz ini. ‘Amru bin Marzuuq adalah perawi yang shaduq tetapi bukanlah hujjah jika ia tafarrud sebagaimana telah ternukil jarh terhadapnya dan lafaz “yakni ‘Abdullah bin Saba’ dia mencela Abu Bakar dan Umar” adalah tambahan lafaz dari ‘Amru bin Marzuuq.
Kita katakan :
Ghundar memang dikatakan beberapa ulama sebagai hujjah dalam hadits Syu’bah. Al-‘Ijliy berkata bahwa ia orang yang paling tsabt dalam hadits Syu’bah [Ma’rifatuts-Tsiqaat, 2/234]. Ibnul-Mubaarak mengatakan jika orang-orang berselisih dalam hadits Syu’bah, maka kitab Ghundar menjadi pemutus di antara mereka [Al-Jarh wat-Ta’diil, 1/271]. Hal yang sama dikatakan oleh Al-Fallaas [Syarh ‘Ilal At-Tirmidziy, 2/274]. Dan yang lainnya dari pujian ulama yang disematkan pada Ghundar dalam periwayatannya dari Syu’bah.
Namun,... itu bukan berarti ziyaadah keterangan dari ‘Amru bin Marzuuq adalah syaadzatau ma’luul. Mengapa ? karena tambahan lafadh yang dibawakan oleh ‘Amru bin Marzuuq tidak menafikkan atau bertentangan dengan ashl riwayat – sebagaimana ini disebutkan oleh para ulama dalam penerimaan ziyaadah seorang perawi.[1]Bersamaan sedikit jarh beberapa ulama terhadapnya, ‘Amru bin Marzuuq sendiri termasuk perawi tsiqah dalam periwayatan hadits Syu’bah. Abu Haatim berkata : “Tsiqah, termasuk ahli ibadah. Dan kami tidak pernah bertemu dengan ashhaab Syu’bah yang kami tulis riwayat darinya, yang lebih baik haditsnya dari ‘Amru” [Al-Jarh wat-Ta’diil, 6/263]. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, mempunyai banyak hadits dari Syu’bah” [Ath-Thabaqaat, 7/305]. Al-Azdiy berkata : “Penyimakan riwayat Abu Daawud Ath-Thayaalisiy[2]dan ‘Amru bin Marzuuq dari Syu’bah adalah selevel”  [Al-Mu’alamu bi-Syuyuukh Al-Bukhaariy wa Muslim, hal. 436]. Ia termasuk di antara ashhaab Syu’bah yang diunggulkan, meskipun thabaqah-nya di bawah Ghundar.
Jadi,... asal riwayat ‘Amru bin Marzuuq dari Syu’bah adalah shahih. Atau dikatakan : Ia tsiqah dalam periwayatan dari Syu’bah. Oleh karena itu, ini termasuk bagian ziyaadatuts-tsiqah yang merupakan tabyiin (penjelas) identitas orang yang dicela oleh ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu dan sekaligus sebab pencelaan tersebut.[3]
Walhasil, riwayat pencelaan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu tersebut adalah shahih.
Ada riwayat lain :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادٍ الْمَكِّيُّ، نا سُفْيَانُ، قَالَ: نا عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ عَبَّاسٍ الْهَمْدَانِيُّ، عَنْ سَلَمَةَ، عَنْ حُجَيَّةَ الْكِنْدِيِّ، رَأَيْتُ عَلِيًّا عَلَى الْمِنْبَرِ، وَهُوَ يَقُولُ: مَنْ يَعْذِرُنِي مِنْ هَذَا الْحَمِيتِ الأَسْوَدِ الَّذِي يَكْذِبُ عَلَى اللَّهِ، يَعْنِي: ابْنَ السَّوْدَاءِ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abbaad Al-Makkiy : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Jabbaar bin ‘Abbaas Al-Hamdaaniy, dari Salamah, dari Hujayyah Al-Kindiy : Aku pernah melihat ‘Aliy ada di atas mimbar dan berkata : “Siapakah yang mau membelaku dari orang hitam jelek ini yang telah berdusta kepada Allah, yaitu : Ibnus-Saudaa’” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Khaitsamah dalam At-Taariikh no. 4359].
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عباد، قَالَ: نا سُفْيَانُ، عَنْ عمار الدهني، قَالَ: سمعت أبا الطفيل، يقول: رأيت المسيب بْن نجية أتى بِهِ ملببه، يَعْنِي: ابْن السوداء، وعلي عَلَى المنبر، فَقَالَ عَليّ: ما شأنه؟ فَقَالَ: يكذب عَلَى اللَّه، وعلى رسوله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abbaad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari ‘Ammaar Ad-Duhniy, ia berkata Aku mendengar Abuth-Thufail berkata : Aku pernah melihat Al-Musayyib bin Najayyah membawa Ibnus-Saudaa’ dengan menyeretnya, yang waktu itu ‘Aliy berada di atas mimbar. ‘Aliy berkata : “Ada apa dengan dia ?”. Ia (Al-Musayyib) berkata : “Berdusta atas nama Allah dan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Khaitsamah dalam At-Taariikh no. 4360].
Kedua riwayat ini hasan, saling menguatkan.
Poros sanad riwayat ini ada pada Muhammad bin ‘Abbaad bin Az-Zibriqaan, Abu ‘Abdillah Al-Makkiy; seorang yang dikatakan Ibnu Hajar : “shaduuq yahimu (sering ragu)”. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 234 H di Baghdaad. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 858 no. 6031].
Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat. Ibnu ‘Adiy berkata : “Haditsnya termasuk hadits orang yang yang jujur, dan aku berharap tidak mengapa dengannya”. Shaalih bin Muhammad berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Ibnu Qaani’ berkata : “Tsiqah”. Ibnu Ma’iin berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Namun ia telah keliru dalam beberapa hadits yang ia bawakan, sebagaimana dibawakan contohnya dalam Tahdziibul-Kamaal. Selama tidak terdapat bukti ia melakukan kekeliruan atau penyelisihan, maka haditsnya hasan (karena ia seorang yang shaduuq).
Tiga riwayat di atas saling menjelaskan, bahwa orang hitam jelek itu yang dicela ‘Aliy tersebut adalah Ibnu-Saudaa’ atau ‘Abdullah bin Saba’. Kedua nama ini satu orang. Ia dicela karena berdusta kepada Allah dan Rasul-Nya, yang di antaranya karena mencela Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa.
‘Aliy dan ahlul-baitnya[4] berlepas diri dari para pencela Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhum. Artinya, mereka berlepas diri dari kelakukan jahat orang-orang Syi’ah yang mengikuti sosok orang yang berdusta atas nama Allah dan Rasul-Nya : ‘Abdullah bin Saba’. Ternyata kita lebih Syi’ah daripada Syi’ah Raafidlah dalam membela madzhab ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu.
Wallaahul-musta’aan.
[anakmuslimtaat’ – sardonoharjo, ngaglik, sleman, yogyakarta, 23072012].


[1]      Silakan baca beberapa kitab yang membahas ziyaadatuts-tsiqaat, antara lain : Al-Aqwaalur-Raajihaat fiil-Hadiits Asy-Syaadz wa Ziyaadatits-Tsiqaat oleh Abu Hurairah Asy-Syaamiy, Ziyaadatuts-Tsiqaat wa Mauqiful-Muhadditsiin wal-Fuqahaa’ minhaa oleh Nuurullah Syaukat Biik (desertasi S3, Univ. Ummul-Quraa’), dan yang lainnya.
[2]      Padahal, Abu Daawud Ath-Thayaalisiy termasuk di antara terdepan dalam jajaran ashhaab Syu’bah, sebagaimana ma’ruf. Ibnu Hajar rahimahullah berkata : “Abu Daawud Ath-Thayaalisiy dan Muhammad bin Ja’far (Ghundar) termasuk orang yang paling tsabt di kalangan ashhaab Syu’bah” [Fathul-Baariy, 2/227].
[3]      Yang seperti ini banyak terdapat dalam kutub hadits. Satu contohnya yang sering dibawakan ulama (misal : Ibnu Shalaah) dalam pencontohan diterimanya ziyaadatuts-tsiqaat :
حَدَّثَنَا إِسْحَاق بْنُ مُوسَى الْأَنْصَارِيُّ، حَدَّثَنَا مَعْنٌ، حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الْفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ، صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ، عَلَى كُلِّ حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى مِنَ الْمُسْلِمِينَ ".قَالَ أَبُو عِيسَى: حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ .وَرَوَى مَالِكٌ، عَنْ نَافِعٍ، عَنْ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَ حَدِيثِ أَيُّوبَ، وَزَادَ فِيهِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ، وَرَوَاهُ غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ نَافِعٍ، وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Muusaa Al-Anshaariy : Telah menceritakan Ma’n : Telah menceritakan kepada kami Maalik, dari Naafi’, dari ‘Abdullah bin ‘Umar : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah mewajibakan zakat fithr di bulan Ramadlaan, satu shaa’ tamr, atau satu shaa’gandum sya’iir pada setiap orang yang merdeka, budak, laki-laki, atau perempuan dari kaum muslimin.
Abu ‘Iisaa (At-Tirmidziy) berkata : “Hadits Ibnu ‘Umar adalah hadits hasan shahih. Dan riwayatkan oleh Maalik, dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, dari Naabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam semisal hadits Ayyuub, dan ia menambahkan lafadh padanya : ‘minal-muslimiin (dari kaum muslimin)’. Dan telah diriwayatkan lebih dari satu orang dari Naafi’ tanpa penyebutan lafadh ‘minal-muslimiin’ [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 676].
At-Tirmidziy menshahihkan tambahan lafadh ‘minal-muslimiin’ dari Maalik yang tidak diriwayatkan oleh jama’ah perawi tsiqaat dari Naafi, dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa. Muslim menerima ziyaadah Maalik ini dalam kitab Shahiih-nya.

‘Aliy bin Abi Thaalib dan ‘Abdullah bin Saba’ Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top