Fatwa Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan tentang Irjaa’ dan Orang yang Meninggalkan Amal Jawaarih | Ilmu Islam

Sabtu, 05 Januari 2013

Fatwa Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan tentang Irjaa’ dan Orang yang Meninggalkan Amal Jawaarih


Pertanyaan :
“Kami membaca sebuah jawaban dari Anda, Fadliilatusy-Syaikh, atas salah satu pertanyaan bahwasannya siapa saja yang tidak beramal dengan jawaarih(anggota tubuh)-nya, bukanlah seorang mukmin.
Lalu, apakah diperbolehkan bagi kita untuk mengatakan ia seorang muslim, namun kita tidak memutlakkan padanya nama iman (mukmin) ?
Hal itu dikarenakan kami mendapati sebuah perkataan dari Ibnu Mandah dalam kitab Al-Iimaan (1/198) yang menyebutkan sesuatu yang menunjukkan bahwa perkataan Laa ilaha illallaah, mewajibkan nama Islam (muslim) dan mengharamkan harta dan darah orang yang mengucapkannya. Ibnu Mandah menyebutkan padanya hadits Al-Miqdaad dalam Shahiihain saat salah seorang shahabat berkata : Aku bertanya : ‘Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu seandainya aku berselisih dengan seseorang dari kalangan musyrikin dalam perkelahian, lalu ia berhasil memotong (salah satu) tanganku. Ketika aku berhasil menjatuhkannya/mengalahkannya, ia mengucapkan Laa ilaha illallaah. Apakah aku boleh membunuhnya ?’. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab : ‘Bahkan, lepaskanlah ia’.
Ini adalah perkataan Ibnu Taimiyyah rahimahullahyang ternukil dari kitab Fathul-Majiid. Pendapat itulah yang dipegang An-Nawawiy dalam Syarh Muslim. Juga termasuk perkataan (pendapat) Ibnu Rajab Al-Hanbaliy, Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy, Ibnu Khuzaimah, dan Al-Ghunaimaan[1]. Juga termasuk pendapat Al-Albaaniy yang dituduh Quthubiyyuun berpemahaman irjaa’.
Bolehkan bagi kita pemutlakan ini ?. Dan apakah orang yang mengatakannya termasuk Murji’ah ?”.
Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan hafidhahullah menjawab :
Ini adalah perkataan sebagian Ahlus-Sunnah yang dinukil Syaikhul-Islaam dalam Al-Majmuu’. Akan tetapi pendapat yang benar dari perkataan ulama adalah kafirnya orang yang meninggalkan shalat. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Perjanjian antara kaim dan mereka adalah shalat. Barangsiapa yang meninggalkannya, sungguh ia telah kafir’. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda : ‘(Batas) antara seseorang dengan kekufuran adalah meninggalkan shalat’. Akan tetapi : Tidak boleh memutlakkan kalimat irjaa’ kepada orang yang tidak mengkafirkan orang yang meninggalkan shalat. Dan Asy-Syaikh Al-Albaaniy termasuk Ahlus-Sunnah. Adalah keliruan lagi jauh dari kebenaran bagi orang yang mengatakan ia (Al-Albaaniy) adalah murji’. Tidak didapatkan darinya satu perkataan yang menunjukkan pada ‘aqidah irjaa’.
Meskipun kami tidak menyepakatinya dalam sebagian permasalahan, di antaranya : ‘selamatnya orang (dari kekekalan neraka) orang yang tidak beramal dengan anggota badannya’[2]; akan tetapi perhatikanlah bahwa : ia (Al-Albaaniy) termasuk Ahlus-Sunnah, dan perkataannya adalah perkataan Ahlus-Sunnah[3]"
[selesai – diterjemahkan oleh anakmuslimtaat’ dari Al-As-ilah Al-‘Iraaqiyyah hal. 29-30].

Teks :
قرأنا لكم فضيلة الشيخ جواباً لأحد الاسئلة أن من لم يعمل بجوارحه لا يجوز أن يكون مؤمناً , فهل يجوز لنا أن نقول إنه مسلم ولانطلق عليه اسم الإيمان ؟!
لأننا وجدنا قولاً لابن منده في كتاب الإيمان (1/198) ذكر فيه ما يدل على أن قول لا إله إلا الله يوجب اسم الإسلام ويحرم مال قائلها ودمه.
وذكر فيه حديث المقداد في الصحيحين حيث قال قلت يا رسول الله أرأيت إن اختلفت أنا ورجل من المشركين في ضربتين فقطع يدي فلما هويت إليه قال لا إله إلا الله أأقتله؟ أم أدعه؟قال بل دعه.
وهذا قول لشيخ الاسلام ابن تيميه نقلاً عن كتاب فتح المجيد , وبه قال النووي في شرح مسلم , وهذا قول ابن رجب الحنبلي , وابن حجر العسقلاني ، وابن خزيمه ، والغنيمان وهو قول الشيخ الالباني الذي اتهمه القطبيون بالإرجاء !.
فهل يجوز لنا هذا الإطلاق ؟
وهل قائله من المرجئة ـ بارك الله فيكم ـ ؟.

ج5 : هذا القول لبعض من أهل السنة نقله شيخ الإسلام في المجموع.
ولكن على الصحيح من قولي العلماء : كفر تارك الصلاة , قال صلى الله عليه وسلم: ((العهد الذي بينناوبينهم الصلاة من تركها فقد كفر )) , وقال (صلى الله عليه وسلم ) : ((بين الرجل وبين الكفر ترك الصلاة)).
ولكن :
لا يجوز إطلاق كلمة الإرجاء على من لم يكفّرتارك الصلاة.
والشيخ الألباني من أهل السنة.
وأخطأ وجانب الصواب من قال إنه مرجئ !
فلا يوجد له قول يدل على الأرجاء.
وإن كنا لا نوافقه على البعض من المسائل ؛ من بينها : نجاة من لم يعمل بجوارحه.
ولكن انتبهوا : هو من أهل السنة.
وقوله هو قول اهل السن.
Scan lembaran kitabnya adalah sebagai berikut :







[1]     Beliau adalah seorang ulama sunnah, pakar ‘aqidah : Asy-Syaikh Dr. ‘Abdullah Al-Ghunaimaan hafidhahullah. Ceramah beliau bisa dilihat di : http://youtu.be/4eIxYDZ9EvA
[3]      Jawaban beliau hafidhahullah ini serupa dengan jawaban Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah saat dijukan pertanyaan sebagai berikut :
العُلماءُ الذينَ قَلوا بعدم كُفْرِ مَنْ تَرَكَ أَعمالَ الْجوارح - مع تَلَفُّظِهِ  بالشهادتين، ووجودِ أصلِ الْإيمان القلبي؛ هل هم من المُرجئة ؟!
“Ulama yang berpendapat tidak kafirnya orang yang meninggalkan amal-amal jawaarih (anggota badan) yang bersamaan dengan orang tersebut mengucapkan dua kalimat syahadat dan keberadaan ashlul-iimaan di hatinya; apakah mereka (ulama tersebut) termasuk golongan Murji’ah ?”.
Beliau menjawab :
هذا من أهل السنة والجماعة؛ فمن ترك الصيام، أو الزكاة، أو الحج : لا شك أڽَّ ذلك كبيرة عند العلماء؛ ولكن على الصواب : لا يكفر كفرا أكبر.
أما تركُ الصلاة : فالراجح : أنه كافر كفرا أكبر إذا تعمد تركها.
وأما تركُ الزكاة والصيام والحج : فإنه كفر دون كفر.
Mereka ini termasuk Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah. Barangsiapa yang meninggalkan puasa, zakat, atau haji; maka tidak diragukan bahwa hal itu termasuk dosa besar menurut para ulama. Akan tetapi yang benar dalam permasalahan ini : Tidak dikafirkan dengan kufur akbar (murtad).
Adapun permasalahan meninggalkan shalat, yang raajih : Ia dihukumi kafir akbar apabila sengaja meninggalkannya. Sedangkan meninggalkan zakat, puasa, dan haji; maka ia adalah kufrun duuna kufrin (kufur ashghar)” [Majmuu’ Al-Fataawaa, 28/144-145].

Fatwa Asy-Syaikh Shaalih Al-Fauzaan tentang Irjaa’ dan Orang yang Meninggalkan Amal Jawaarih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top