Suap Daging PKS, Sandi 'M-1' untuk Menteri Suswono | Ilmu Islam

Selasa, 30 Juli 2013

Suap Daging PKS, Sandi 'M-1' untuk Menteri Suswono



TEMPO.COJakarta - Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman memakai berbagai kode saat membahas penambahan kuota impor daging sapi dengan Komisaris Utama PT Radina Bio Adicita, Elda Devianne Adiningrat.


Dalam rekaman yang diputarkan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi pada sidang terdakwa Ahmad Fathanah, Senin, 29 Juli 2013, terungkap mereka menggunakan sejumlah kode untuk menyebut tokoh yang berkaitan dengan pengurusan daging tersebut.


"Saya sebutkan di hadapannya 'M satu' di hadapannya 'Ustad'," kata Elizabeth kepada Elda dalam percakapan telepon yang diambil pada 19 Januari 2013. "Aku berani karena Ustad, 'Ustad Besar' ada. Dia akan melindungi saya."


Saat ditanya oleh ketua majelis hakim Nawawi Pomolango, Elizabeth mengaku bahwa 'M satu' yang dimaksud merupakan Menteri Pertanian Suswono, kader PKS. "Itu Menteri, Pak," katanya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. (Baca:Fathanah: Luthfi Makin Dikasih Makin 'Gila')


Sedangkan 'Ustad Besar' merujuk pada bekas Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. "Benar," ujarnya ketika menjawab pertanyaan jaksa Muhibuddin. 


Dalam rekaman percakapan tersebut, Elizabeth dan Elda juga menggunakan istilah 'Engkong di Lembang'. Tapi, saat ditanya oleh jaksa Muhib, perempuan yang juga telah menjadi tersangka kasus suap impor daging ini mengklaim bahwa dirinya tak tahu siapa sebenarnya 'Engkong' yang dimaksud. "Saya bilang bingung," ujar Elizabeth. (Baca: Misteri 'Engkong' dalam Kasus Suap Impor Daging)


Dalam kasus ini, Fathanah didakwa menerima suap dari Elizabeth sebanyak Rp 1,3 miliar. Suap itu ditujukan untuk Luthfi Hasan, yang saat itu masih menjabat sebagai Presiden PKS dan anggota Komisi Pertahanan DPR. Luthfi yang juga telah menjadi terdakwa dituding menggunakan kekuasaannya itu untuk mempengaruhi Menteri Pertanian Suswono, yang juga merupakan kader PKS. Fathanah dan Luthfi juga didakwa melakukan pencucian uang. (Baca: Hilmi Akui Kenal Ahmad Fathanah)


NUR ALFIYAH

Suap Daging PKS, Sandi 'M-1' untuk Menteri Suswono Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top