KITA KEBAGIAN ILMU SAMPAH | Ilmu Islam

Minggu, 14 Juli 2013

KITA KEBAGIAN ILMU SAMPAH


Sampah merupakan benda sisa setelah terjadinya suatu proses atau kegiatan yang tidak berharga dan keberadaanya tidak diperhatikan bahkan tidak diinginkan.
Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.
Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya:
A.    Berdasarkan sumbernya
1.      Sampah alam
2.      Sampah manusia
3.      Sampah konsumsi
4.      Sampah nuklir
5.      Sampah industri
6.      Sampah pertambangan

B.     Berdasarkan sifatnya
1.      Sampah organik - dapat diurai (degradable)
2.      Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable)

C.    Berdasarkan bentuknya
1.      Sampah Padat
2.      Sampah Cair
3.      Sampah alam
4.      Sampah manusia
5.      Sampah Konsumsi
6.     
Limbah radioaktif

Sebenarnya bukan konsep sampah ini yang akan kita bahas, melainkan konsep sampah yang bentuknya berupa Ilmu Pengetahuan???
Kenapa saya bilang ilmu sampah, bagaimana tidak disebut sampah apabila ilmu tersebut sudah dipakai oleh orang lain bahkan dengan ilmu itu orang tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang sangat besar, sedangkan kita baru saja mempelajari ilmu tersebut.
Apakah mungkin kita dapat menghasilkan sesuatu dengan ilmu tersebut??? Lalu bagaimana dengan ilmu yang sedang kita pelajari sekarang apakah ilmu tersebut bekas orang lain atau tidak?
Memang tidak bisa kita pungkiri semua ilmu yang kita pelajari berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan semua ilmu bekas, tetapi walaupun bekas kita dapat mengolah kembali menjadi sesuatu yang belum ada, menciptakan inovasi dari hasil daur ulang ilmu, dengan mengembangkan ilmu tersebut maka tidak menuntut kemungkinan ilmu ini akan berguna walaupun bekas, dengan catatan kita harus mampu mengembangkannya.
Akan tetapi sampah tetaplah akan menjadi sampah selamanya apabila tidak ada kesadaran dalam diri kita untuk mengembangkannya, mari kita kembangkan ilmu – ilmu sisa ini dengan mau berfikir kritis dan usaha karena kita Bukan SARJANA BODOH!!!

Sumber:
www.wikipedia.com/sampah
pengalaman


KITA KEBAGIAN ILMU SAMPAH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

 

Top